Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image

DuniaLari.com | Portal Lari No.1 Di Indonesia | October 26, 2014

Scroll to top

Top

Ikuti Lomba Lari Virtual Dengan Aplikasi Endomondo

Ikuti Lomba Lari Virtual Dengan Aplikasi Endomondo
ameliachai

Review Overview

Bagus
7

Bagus

Aplikasi Endomondo tersedia untuk hampir setiap platform ponsel cerdas. Mulai dariSymbian, BlackBerry, hingga Android dan iPhone (iOS). Bahkan juga tersedia untuk Windows Phone. Karena Endomondo mengandalkan GPS untuk pengukuran jaraknya, tentunya ponsel cerdas tersebut harus memiliki fitur GPS.

Ikuti Lomba Lari Virtual Dengan Aplikasi Endomondo

DuniaLari.com – Endomondo adalah sebuah aplikasi dan layanan pengukur olahraga. Dengan fitur GPS pada ponsel cerdas, Endomondo akan mengukur jarak dan waktu tempuh Anda saat berolahraga.

Aplikasi Endomondo ditawarkan gratis, dengan opsi layanan premium berlangganan untuk fitur-fitur tambahan seperti heart rate zone training. Juga ada versi Pro yang berbayar untuk fitur-fitur tambahan seperti interval training.

Yang menarik dari aplikasi seperti ini adalah fitur virtual challenge, di mana pengguna bisa berlomba melawan pengguna yang lain. Dalam hal ini, lomba lari virtual. Dengan semakin populernya olahraga lari dan tumbuhnya pengguna ponsel cerdas, penggunaan virtual challenge ini semakin ramai. Pun, dengan adanya “kompetisi” seperti ini juga bisa mendorong motivasi untuk berlari.

Aplikasi Endomondo tersedia untuk hampir setiap platform ponsel cerdas. Mulai dariSymbianBlackBerry, hingga Android dan iPhone (iOS). Bahkan juga tersedia untuk Windows Phone. Karena Endomondo mengandalkan GPS untuk pengukuran jaraknya, tentunya ponsel cerdas tersebut harus memiliki fitur GPS.

Saya sendiri sudah mencoba di Nokia E71, iPhone 3GS, dan iPhone 4S.

Tapi bagaimana untuk yang tidak bisa menggunakan Endomondo di ponselnya, atau yang lebih suka menggunakan perangkat lain ketimbang membawa ponsel?

Integrasi Nike+

Nah, untuk beberapa orang (termasuk saya) yang lebih suka menggunakan Nike+, jangan khawatir. Anda masih bisa ikut lomba lari di Endomondo virtual challenge. Karena data dari Nike+ bisa diintegrasikan ke Endomondo.

Buka situs Endomondo dan login dengan akun Anda. Dari menu akun di kanan atas, pilih “Settings”. Di halaman “Settings”, pilih “Connect”. Nanti akan muncul banyak pilihan koneksi ke layanan lain, termasuk layanan social media dan fitness. Cari dan klim tombol “Connect to Nike+”. Di jendela baru, login dengan akun Nike+ untuk menghubungkannya ke Endomondo.

Selesai! Setiap Anda berlari dan mengunggah ke Nike+, maka dalam selang beberapa waktu akan terunggah juga ke Endomondo secara otomatis. Bahkan, pelari Nike+ tak perlu lagi buka situs Endomondo untuk mengunggah data lari.

Jadi, tak hanya data lari tercatat rapi di Nike+, tapi juga tetap bisa berpartisipasi dalamvirtual challenge bersama rekan-rekan yang lain di Endomondo.

Integrasi Garmin

Begitu pula yang lebih senang menggunakan perangkat Garmin, juga bisa tetap berpartisipasi dalam lomba lari di Endomondo.

Anda akan membutuhkan aplikasi “Garmin Communication Plugin”. Untuk pengguna Garmin seri tertentu yang menggunakan koneksi nirkabel (wireless) ANT+, juga akan membutuhkan aplikasi “Garmin ANT Agent”. Pastikan aplikasi ini sudah terinstal di komputer.

Buka situs Endomondo dan login dengan akun Anda. Pilih menu “New Workout”. Klik menu “Import from Garmin” untuk mengirim data lari dari Garmin ke Endomondo.

Tapi tak seperti pengguna Nike+, pengguna Garmin harus terus melakukan ini setiap ingin mengunggah data lari.

Integrasi TCX/GPX

Selain perangkat Nike+ dan Garmin, data dari perangkat lain atau aplikasi lain juga bisa diintegrasikan ke Endomondo selama datanya bisa diambil dalam bentuk berkas .TCX, .GPX, atau .FIT. Tinggal pilih “Import from file” dari menu “New Workout”, dan unggah berkasnya.

Masukan Manual

Selain pengukuran dengan ponsel cerdas maupun sportwatch, Anda juga bisa memasukkan data lari secara manual.

Dari menu “New workout”, Anda bisa pilih “New workout with no route” dan memasukkan data durasi serta jarak jika tahu waktu dan jaraknya. Tak lupa isi pula tanggal dan jam saat mulai berlari dan jenis olahraga yang dilakukan.

Jika Anda tidak tahu jaraknya tapi tahu rutenya, bisa pilih “Draw route for new workout”, lalu menggambar rute lari Anda di peta untuk diukur. Setelah itu klik “Next”. Masukkan jenis olahraga, tanggal dan jam, serta durasi olahraga.

Yuk, mari berlomba di Endomondo!